Arvista Fara Seseorang yang suka menulis, membaca, dan melakukan hal yang berkaitan dengan dunia fashion.

Shampo untuk Rambut Rontok

4 min read

Shampo untuk Rambut Rontok

Banyak sekali permasalahan yang terjadi pada rambut, seperti rambut kering, berminyak, dan ketombe. Hingga yang lebih parahnya lagi yaitu kerontokan pada rambut. Jika sudah begini, tentu Anda membutuhkan shampo untuk rambut rontok.

Walaupun banyak merk shampo rambut rontok untuk pria atau wanita yang beredar di pasaran, namun tidak semua dapat bekerja secara efektif.

Maka dari itu, kenali terlebih dahulu cara memilih shampo yang cocok pada rambut rontok.

Cara Memilih Shampo untuk Rambut Rontok

Cara Memilih Shampo untuk Rambut Rontok

Kerontokan pada rambut dapat terjadi karena beberapa penyebab. Namun, Anda dapat mengatasinya dengan cara memilih shampo yang terbukti ampuh untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Dilabeli sebagai “Obat”

Seperti yang telah dijelaskan diatas, banyak merk shampo yang diformulasikan khusus untuk mengatasi kerontokan pada rambut. Akan tetapi, Anda tidak dapat mengklaim benar atau tidaknya apabila belum mencobanya sendiri.

Akan tetapi, alangkah lebih baik untuk membeli shampo yang telah dibekali label sebagai obat atau medicated. Hal ini dikarenakan produk tersebut telah disetujui oleh kementrian kesehatan.

Sedangkan untuk shampo yang bukan termasuk obat, biasanya hanya digolongkan sebagai kosmetik dan belum terbukti ampuh dalam mengatasi kerontokan.

2. Hindari zat surfaktan petroleum

Zat surfaktan merupakan bahan utama dalam shampo yang berkhasiat untuk membersihkan kotoran. Surfaktan sendiri terbagi menjadi dua, yaitu surfaktan alami dan surfaktan buatan.

Terdapat 5 surfaktan buatan, yaitu surfaktan berbasis ester asam lemak, berbasis sabun, berbasis alkohol tinggi, berbasis asam amino, dan berbasis petroleum. Untuk surfaktan alami berupa lesitin dan loofah yang biasa ditemukan dalam kuning telur dan kedelai.

Secara umum, surfaktan alami memiliki manfaat untuk melembabkan kulit kepala dan mencegah iritasi, namun kurang dapat membersihkan kotoran.

Sebaliknya, surfatan buatan mampu membersihkan kotoran, namun dapat menyebabkan iritasi. Maka dari itu, pilih shampo yang memiliki bahan untuk meringankan iritasi sebagai penyeimbang.

Apabila rambut Anda tergolong sensitif, sangat disarankan untuk memilih surfaktan dengan basis petroleum yang dicampur dengan sodium lauryl sulfate.

Dengan kombinasi bahan tersebut, iritasi akan dapat teratasi sehingga tidak memperparah kerontokan pada rambut.

Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Rambut Rontok

Setelah mengetahui kandungan shampo yang berfungsi untuk mencegah kerontokan, berikut review beberapa merk shampo yang bagus untuk rambut rontok.

11. Natur Natural Extract Shampoo with Ginseng Extract

shampo untuk rambut rontok dan ketombe

Natur merupakan produk yang berasal dari Indonesia dan mengandung bahan alami. Varian ekstrak ginseng yang terkandung mampu memperbaiki tekstur dari akar hingga batang rambut yang rusak.

Selain itu, Natur memiliki kandungan bioaktif, seperti peptides, phytosterols, polyacetylenes, polysaccharides, mineral, vitamin, dan asam lemak.

Ditambah, bioaktif pada shampo ini berkhasiat untuk melembabkan dan melancarkan peredaran darah pada kulit kepala.

Harga: Rp25.999

10. L’OREAL Paris Fall Repair 3x Anti-Hair Fall Shampoo

review shampo untuk rambut rontok

Sesuai dengan namanya, L’OREAL Paris Fall 3x Anti-Hair Fall Shampoo mampu memberikan tiga perawatan pada rambut rontok.

Formulanya dapat memelihara akar rambut, memperbaiki serat rambut, dan membuat rambut lebih kuat. Kandungan asam amino essnsial  arginine nya berkhasiat untuk melancarkan sirkulasi darah dan menutrisi kulit.

Shampo ini terbukti dapat mengurangi kerontokan pada rambut dan memiliki aroma wangi yang segar. Produk ini memiliki harga yang tergolong murah dan digunakan oleh banyak orang berkat manfaatnya.

Harga: Rp38.000

9. Unilever TRESemme Anti Hair Fall Shampoo

kandungan shampo untuk rambut rontok

Unilever TRESemme Anti Hair Fall Shampoo merupak sebuah merk yang biasa digunakan oleh para profesional.

Produknya di klaim mampu menyajikan kualitas seperti di salon, walaupun Anda hanya mengaplikasikannya di rumah.

Keratin yang diformulasikan pada produk ini mampu memperbaiki rambut rusak dan kaku. Formulanya juga mampu memperkuat akar dan batang, serta mengatasi kerontokan yang disebabkan karena kerusakan rambut.

Harga: Rp41.100

8. Unilever Dove Nutritive Solutions Total Hair Fall Treatment

Dove Nutritive Solutions Total Hair Fall Treatment

Unilever Dove Nutritive Solutions Total Hair Fall Treatment memiliki kandungan Trichazole yang mampu menutrisi rambut.

Selain itu, shampo ini juga dapat menguatkan rambut dari akar hingga batang rambut.

Apabila produk ini digunakan secara teratur selama kurang lebih 2 minggu, maka kerontokan pada rambut Anda dijamin akan berkurang.

Harga: Rp59.500

7. P&G Pantene Hair Fall Control

P&G Pantene Hair Fall Control

Pantene merupakan salah satu merk perawatan rambut yang banyak digemari di Indonesia. Formulanya mampu memperkokoh batang rambut, memperbaiki rambut yang patah atau bercabang, serta dapat mengatasi kerontokan.

P&G Pantene Hair Fall Control juga dilengkapi teknologi micro-bubble untuk manjaga rambut dari polusi dan partikel debu mikroskopik.

Harga: Rp72.000

6. Garnier Neril Anti Loss Guard

Garnier Neril Anti Loss Guard

Garnier Neril memang dikenal sebagai produk perawatan yang mengatasi rambut rontok.

Saat ini, telah hadir merk shampo Garnier Neril Anti Loss Guard yang dapat digunakan baik pria maupun wanita untuk mengatasi kerontokan rambut yang sudah parah.

Shampo ini bekerja dengan cara menutrisi akar rambut sehingga rambut tidak mudah patah atau rontok.

Anda juga dapat menggunakan hair tonic dan conditioner yang serupa untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Harga: Rp93.000

5. Green Angelica Regrowth Shampoo

Green Angelica Regrowth Shampoo

Green Angelica Regrowth Shampoo memiliki empat kandungan alami. Diantaranya yaitu:

  • Ekstrak lidah buaya untuk menjaga kesehatan rambut.
  • Ashitaba keskei yang mampu merangsang tumbuhnya rambut baru.
  • Apple steam yang meregenerasi sel akar rambut.
  • Gluthatione yang dapat menangkal radikal bebas dan racun yang memicu terjadinya kebotakan.

Kandungan mineral serta vitaminnya juga mampu mengatasi rambut rontok dan bercabang, memperbaiki sel kulit mati, dan menghilangkan ketombe.

Harga: Rp150.000

4. KAMINOMOTO Medicated Shampoo

KAMINOMOTO Medicated Shampoo

Sesuai dengan namanya, KAMINOMOTO Medicated Shampoo merupakan sebuah shampo yang tidak hanya digunakan sebagai kosmetik.

Shampo ini mengandung β-Glycyrrhetinic Acid  yang berkhasiat untuk meringankan iritasi, membersihkan ketombe, menghilangkan gatal, serta Piroctone Olamine yang mampu membersihkan kuman berbahaya di kulit kepala.

Produk ini terbukti efektif dalam mengatasi rambut rontok, minyak berlebih, dan menyehatkan kulit kepala. Untuk hasil yang maksimal, barengi penggunaan shampo dengan conditioner.

Harga: Rp215.000

3. Kérastase Specifique Bain Prévention

Kérastase Specifique Bain Prévention

Merk perawatan rambut yang satu ini banyak digunakan pengunjung salon-salon terkemuka. Merk perawatan asal paris ini mampu mengatasi berbagai masalah rambut, kulit kepala sensitif, kerontokan, gatal, dan berminyak.

Formula Système Pro-Actif nya juga mampu mengobati iritasi, meregenerasi, dan merangsang mikrosirkulasi di kulit kepala.

Kérastase Specifique Bain Prévention bekerja dengan cepat dan sangat baik dalam mengatasi kerontokan. Teksturnya yang lembut pun membuat rambut mudah untuk diatur.

Harga: Rp260.000

2. Keiskei Hair Shampoo

Keiskei Hair Shampoo

Keiskei Hair Shampoo merupakan sebuah produk yang terbukti efektif dalam mengatasi kerontokan dan menumbuhkan rambut.

Selain itu, teknologi Nano yang terdapat pada shampo ini mampu merangsang pertumbuhan rambut sepuluh kali lebih cepat.

Shampo ini terbebas dari kandungan deterjen, sehingga kepala Anda akan terhindar dari residu kimia yang berbahaya bagi rambut.

Apabila digunakan secara teratur, produk ini dapat membereskan semua masalah pada rambut dalam waktu kurang lebih enam minggu.

Harga: Rp292.500

1. Nisim NewHair Biofactors

Nisim NewHair Biofactors

Sejatinya, Nisim merilis dua jenis shampo untuk rambut rontok, yaitu untuk rambut kering dan rambut berminyak.

Bahan aktif yang terkandung dari Nisim NewHair Biofactors berupa Glycine Soja, Arnica Montana, Castanea Sativa, Panax Ginseng, Hedera Helix, Maculatum, dan Geranium.

Dengan menggunakan produk ini, kotoran dan minyak pada rambut pun akan teratasi.

Produk yang satu ini juga berani mengembalikan uang Anda secara utuh apabila produknya tidak mampu memberikan hasil yang diinginkan dalam jangka waktu tujuh hari.

Shampo ini juga bekerja secara all in one, sehingga Anda tidak perlu menggunakan tambahan produk seperti tonik dan conditioner.

Harga: Rp414.000

Demikianlah 11 merk shampo untuk rambut rontok beserta cara memilihnya. Pastikan untuk memilih shampo yang sesuai dengan jenis kulit kepala Anda.

Arvista Fara Seseorang yang suka menulis, membaca, dan melakukan hal yang berkaitan dengan dunia fashion.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *