Arvista Fara Seseorang yang suka menulis, membaca, dan melakukan hal yang berkaitan dengan dunia fashion.

Film Korea Terbaik

4 min read

film korea terbaik

Selain terkenal dengan drama dan KPop, Korea juga berhasil menghasilkan film-film terbaik dari tahun ke tahun. Meskipun belum bisa mengungguli kualitas film-film Hollywood, daftar film korea terbaik dibawah bisa dibilang berhasil memikat perhatian penikmat film.

Korea juga dikenal sebagai salah satu industri film besar di Asia, bersama dengan China dan Jepang, yang menjadi ‘kawan’ dari segi jumlah pasar sekaligus jadi ‘lawan’ dari aspek kualitas dan nasionalisme penontonnya.

Terbukti dari industri perfilman Korea yang dirintis pada tahun 1945 dan mencapai kejayaan pada dekade 50 hingga 70-an. Berikut deretan film Korea terbaik. Berikut Film Korea Terbaik yang Mengangkat Kisah Nyata

1. Memories of Murder (2003)

Memories of Murder

Memories of Murder menceritakan tentang usaha pencarian tersangka pembunuh berantai oleh detektif lokal Park Doo-man (Song Kang-ho) beserta rekannya, Cho Yong-koo (Kim Roi-ha). Namun, karena sebelumnya dua detektif ini tidak pernah berhadapan dengan kasus serius, mereka malah kewalahan. Kepolisian Hwaseong pun mendatangkan detektif Seo Tae-yoon (Kim Sang-kyung) dari Seoul untuk membantu Doo-man memecahkan kasus.

Film ini diadaptasi dari kisah nyata kasus pembunuhan berantai pertama Korea Selatan yang terjadi pada 1986—1991 di Hwaseong, Provinsi Gyeonggi. Rentetan kasus tersebut selalu menjadikan wanita sebagai korbannya. Dengan kisaran usia 14 hingga 71 tahun, mereka ditemukan dalam keadaan dibungkam dan dibunuh. Total, sudah terdapat 10 wanita yang jadi korban dalam pembunuhan yang belum terpecahkan tersebut.

2. The Chaser (2008)

The Chaser

Film thriller ini dibintangi oleh Ha Jung-woo. Berperan sebagai pembunuh berantai yang sedang dikejar oleh polisi, karakter Jung-woo sebenarnya didasarkan pada kehidupan nyata seorang pembunuh berantai yang menjadikan perempuan sebagai target sasarannya hingga akhirnya berhasil ditangkap oleh polisi.

Tertarik dengan film yang menegangkan? Mungkin Anda harus melihat Film Perang Terbaik

Yang menarik dari kisah ini adalah dalam kehidupan nyata petugas memang telah berhasil menangkap pembunuh itu namun melepaskannya setelah tidak mendapat bukti yang kuat dan mengira dia hanya seorang pencuri biasa.

3. Silenced (2011)

film korea terbaik romantis

Film ini diangkat berdasarkan novel berjudul Dokani (2009) karya Kong Ji-Young. Film yang dibintangi Gong-yoo ini awalnya berjudul “The Crucible”. Film ini bercerita tentang kehidupan nyata sebuah sekolah khusus untuk cacat pendengaran, di mana siswanya diduga menjadi korban kekerasan selama bertahun-tahun sebelum diketahui oleh seorang guru baru.

Awalnya, saat Gong-Yoo tengah melakukan wajib militer, dia membaca novel tersebut. Karena terenyuh dengan kisah yang ada di dalamnya, dia memaksa untuk mengangkat novel tersebut menjadi sebuah film. Sejak saat itulah, media dan publik kembali membahas kasus penyiksaan tersebut. Sang pelaku pun diadili lalu sekolah tempat terjadinya kasus tersebut ditutup.

4. Film Korea Terbaik: As One (2012)

film korea terbaik sepanjang masa

Film bertemakan olahraga ini diangkat dari kisah nyata pada 1991. Saat itu, Korea Selatan dan Korea Utara harus bersatu di World Table Tennis Championship yang diselenggarakan di Chiba, Jepang. Para atlet dua negara tersebut harus berkolaborasi demi mendapatkan medali emas dalam kejuaraan tersebut.

As One menceritakan peristiwa dramatis yang melibatkan dua petenis meja, Hyun Jung-wha (Ha Ji-won) dari Korea Selatan dan Lee Boon-hee (Bae Doona) dari Korea Utara. Selama ini, keduanya hanya pernah bertemu sebagai musuh bebuyutan. Namun, sebuah kondisi mengharuskan mereka menjadi mitra sejati dan rekan tim.

Mengesampingkan ambisi masing-masing, dua cewek ini harus mengumpulkan setiap tetes keberanian dan anugerah untuk mengalahkan tim Tiongkok yang sangat mendominasi. Film ini pun ditulis berdasarkan hasil wawancara langsung dengan salah satu atletnya, Jung-wha.

5. The Attorney (2013)

Film Korea Terbaik Terbaru

Film ini diangkat dari kisah nyata seorang pengacara yang gigih memperjuangkan seorang anak yang tertindas. Pada 1981 silam, terjadi Tragedi Burim saat rezim otoriter berkuasa. 22 siswa, guru, dan pekerja kantoran dari sebuah klub buku ditangkap dengan tuduhan palsu bahwa mereka adalah simpatisan Korea Utara.

Roh Moo-hyun, pengacara pajak dari Busan, membentuk tim kuasa hukum untuk membela orang-orang yang ditangkap pemerintah tersebut. Dia pun menjadi pengacara hak asasi manusia yang sangat berpengaruh di era 1980-an. Berkat upaya kemanusiaannya, Moo-hyun pun menjadi presiden kesembilan Korea Selatan.

Dalam film The Attorney, kisah sang pengacara tersebut diceritakan melalui karakter Song Woo-seok (Song Kang-ho). Dalam film ini, anda akan melihat perjuangan Woo-seuk mati-matian membela seorang siswa yang tidak bersalah, Park Jin-woo (Im Siwan). Kekejaman dan ketidakadilan yang anda lihat dalam film ini akan membuat anda sadar bahwa tragedi tersebut memang sangat memilukan.

6. Way Back Home (2013)

film romantis asia terbaik sepanjang masa

Seorang wanita berkewarganegaraan Korea Selatan ditangkap di Orly Airport, Perancis, karena ketahuan membawa narkoba pada 2004 lalu. Dia pun harus mendekam di sebuah penjara di Perancis selama dua tahun karena tuduhan penyelundupan narkoba. Kisah ini diangkat sebagai film dan menjadi kontroversi karena menimbulkan kritik ke Kementerian Luar Negeri di Korea Selatan karena dianggap tidak mampu melindungi warga negaranya di negara lain.

Way Back Home pun diangkat berdasarkan kisah nyata tersebut. Film ini sendiri mengisahkan Song Jeong-yeon (Joon Do-yeon), seorang ibu rumah tangga yang awalnya memiliki kehidupan yang bahagia bersama suami dan anaknya. Namun, sang suami, Kim Jong-bae (Go Soo) tiba-tiba terlilit hutang yang dibebankan oleh temannya yang bunuh diri.

7. Cart (2014)

Cart

Film ini bercerita tentang insiden pemecatan besar-besaran yang dilakukan oleh seorang konglomerat pemilik sebuah toko besar yang terjadi pada tahun 2007. Para karyawan kontrak yang dipecat tersebut kebanyakan wanita, kemudian mengadakan demo selama 512 hari.

Film ini dibintangi oleh aktris Yum Jung Ah, Moon Jung Hee, Kim Young Ae yang berperan sebagai tiga karyawan yang dipecat berusaha mencari keadilan.

8. Film Korea Terbaik: Awl (2015)

film korea terbaik 2019

Mengambil ide dari kejadian yang sama dengan film Cart, drama Awl justru mengambil sudut pandang yang berbeda. Drama ini bercerita tentang perjuangan Lee Soo-in, yang diperankan oleh aktor Ji Hyun-woo, seorang karyawan di toko retail yang diperintahkan untuk memecat pekerja yang berstatus kontrak. Alih-alih mendengarkan bosnya, mantan militer itu justru ikut bersatu dengan serikat pekerja untuk melawan pemecatan yang tidak adil.

9. 1987 : When the Day Comes (2017)

1987 When the Day Comes

Film ini menceritakan kisah sejarah yang menjadi masa lalu terkelam Korea Selatan. Pada Juni 1987, terjadi protes massa yang bertujuan menggulingkan kepemimpinan Presiden Chun Doo -hwan. Peristiwa ini akan membuka ingatan kita tentang Tragedi Mei 1998 di Indonesia. Peristiwa yang dikenal dengan nama Pergerakan Demokrasi Juni ini pun diangkat dalam film layar lebar, judulnya 1987: When the Day Comes.

Film romantis mampu membuat penontonnya ikut larut dalam ceritanya. Yuk lihat Film Romantis Terbaik!

Film yang digarap oleh Jang Joon-hwan ini dibintangi oleh Kim Yun-seok, Ha Jung-woo, dan Kim Tae-ri. Selain banyak terjadi penangkapan mahasiswa, film ini juga menceritakan gerakan prodemokrasi yang dipelopori Park Jong-chul. Pada akhirnya, Jong-chul ditangkap oleh polisi dan disiksa hingga mati. Sayangnya, kasus tersebut di tutup-tutupi.

10. A Taxi Driver (2017)

A Taxi Driver

A Taxi Driver diangkat dari kisah nyata saat kediktatoran militer yang terjadi di Gwangju pada 1980. Pada 18—27 Mei 2018, ratusan penduduk dibantai dengan kejam karena melakukan aksi protes kepada pemerintah. Diperkirakan, lebih dari 600 orang tewas karena peristiwa tersebut. Bisa dibilang, peristiwa ini adalah salah satu kisah terkelam dan terpahit sepanjang sejarah Korea Selatan.

Sejarah nahas tersebut diangkat dalam film Taxi Driver. Sesuai judulnya, film ini menggunakan kacamata seorang sopir taksi. Sang sopir, Kim Man-seob (Song Kang-ho), membawa penumpang yang adalah seorang wartawan dari Jerman, Jürgen Hinzpeter (Thomas Kretschmann). Wartawan ini baru datang di Korea Selatan untuk meliput peristiwa pahit yang dikenal dengan nama Pergerakan Demokratisasi Gwangju tersebut.

Di atas merupakan beberapa deret film terbaik dari Korea dengan rating tinggi. Diatas juga telah dijelaskan mengenai apa yang melatarbelakangi dari pembuatan film tersebut. Hal ini tentu menarik, mengingat film tersebut diangkat dari kisah nyata. Selamat menonton!

Arvista Fara Seseorang yang suka menulis, membaca, dan melakukan hal yang berkaitan dengan dunia fashion.

Drama Korea Terbaik

Arvista Fara
4 min read

Film Indonesia Terbaik

Arvista Fara
4 min read

Film Action Terbaik

Arvista Fara
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *